Jenis-Jenis Gerakan Stretching

Peregangan otot atau stretching sangat penting dilakukan baik itu sebelum atau sesudah berolahraga. Jika kamu tidak mau cedera saat berolahraga, kamu harus pastikan otot dalam kondisi sehat dengan melakukan stretching terlebih dulu. Dari banyaknya jenis-jenis stretching, ada beberapa jenis gerakan peregangan terbaik dan perlu kamu lakukan.

Tapi sebelum kita bahas lebih lanjut tentang jenis-jenis stretching, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu manfaat dari stretching. Hal ini penting karena masih banyak orang yang mengabaikan peregangan meskipun memiliki peran penting dalam meningkatkan fleksibilitas otot-otot tubuh.

Jenis-Jenis Gerakan Stretching

Manfaat Stretching

Dengan melakukan berbagai jenis-jenis stretching, kamu akan terhindar dari risiko kecelakaan dan nyeri otot karena telah menghangatkan tubuh dengan peregangan sebelum olahraga dan mendinginkan tubuh dengan peregangan sesudah olahraga atau sport. Berikut ini adalah beberapa manfaat stretching untuk kesehatan tubuh.

  • Meningkatkan kelenturan tubuh
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi
  • Meningkatkan kemampuan fisik
  • Meningkatkan produksi cairan sendi synovial
  • Meningkatkan kebugaran tubuh dan postur tubuh
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Mengurangi sakit punggung bagian bawah
  • Salah satu cara menghilangkan stres

Jenis-Jenis Gerakan Stretching Terbaik

Beberapa penelitian menunjukkan kalau melakukan jenis-jenis stretching di bawah ini sebelum dan sesudah latihan  itu sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri. Berikut ini adalah 6 jenis-jenis gerakan stretching terbaik yang harus kamu ketahui.

1. Peregangan Dada (Chest and Anterior Deltoid Stretch)

Jenis peregangan ini menargetkan otot dada dan bahu. Cara melakukannya mudah. Kedua tangan saling berpegangan di belakang badan, lalu angkat perlahan sampai kamu merasakan kontraksi pada otot dada dan otot bahu. Lakukan peregangan ini selama 30 detik dan ulangi 3-4 kali.

Jenis-Jenis Gerakan Stretching

2. Peregangan Sendi Bahu (Shoulder Joint Stretch)

Untuk melakukan peregangan sendi bahu, kamu bisa menggunakan handuk atau hanya dengan kedua tangan saling berpegangan. Tarik perlahan-lahan kedua tangan ke atas sampai melewati kepala. Tahan selama 30 detik pada posisi maksimal sampai kamu merasakan kontraksi otot bahu. Lakukan peregangan yang menargetkan otot-otot bahu 3-4 kali.

Peregangan Sendi Bahu (Shoulder Joint Stretch)

3. Peregangan Quadriceps (Quadriceps Stretch)

Peregangan jenis ini membutuhkan kursi atau benda kuat lainnya untuk membantumu berdiri. Cara melakukannya, kamu hanya perlu berdiri dan angkat salah satu kaki hingga tumit kaki menyentuh bokong. Tahan selama 30 detik sampai kamu merasakan kontraksi pada otot paha depan baru kemudian ganti kaki yang satunya. Lakukan peregangan paha depan 3-4 kali pada setiap kaki.

Peregangan Quadriceps (Quadriceps Stretch)

4. Peregangan Lat (Lat Stretch)

Untuk melakukan peregangan ini, letakkan satu tangan di belakang kepala lalu pegang siku kiri dengan tangan kanan selama 30 detik sampai merasakan kontraksi otot lat. Setelah 30 detik baru kemudian lakukan bergantian dengan tangan yang satunya.

4. Peregangan Lat (Lat Stretch)

5. Peregangan Betis (Calf Stretch)

Untuk melakukan peregangan betis, kamu bisa menggunakan dinding untuk menopang tubuh. Kemudian berdiri dengan satu kaki di depan lalu tekuk kaki depan dan tahan kaki belakang agar tetap lurus. Ingat, kedua kaki tetap rata dengan permukaan. tekuk sampai kamu merasakan kontraksi pada otot betis tungkai belakang dan tahan selama 30 detik. Cukup lakukan gerakan ini 3-4 kali untuk setiap kaki.

Jenis-Jenis Gerakan Stretching

6. Peregangan Hamstring (Hamstring Stretch)

Untuk melakukan jenis peregangan ini, duduk dan rentangkan kaki sampai membentuk huruf V. Kemudian pegang salah satu ujung jari kaki dan turunkan tubuh sambil menarik jari kaki. Jika kamu merasakan kontraksi pada paha belakang, maka tahan tahan posisi selama 30 detik dan lakukan 3 kali untuk setiap kaki.

Jenis-Jenis Gerakan Stretching
Jenis-Jenis Gerakan Stretching

Scroll to top