Cara Melacak Laptop Yang Dicuri Dengan Aplikasi

Laptop merupakan barang penting karena sering digunakan untuk bekerja. Pasti ada banyak dokumen penting yang kita simpan di laptop. Untuk berjaga-jaga, kamu harus tahu cara melacak laptop yang dicuri dengan aplikasi berikut ini. Kita tidak akan tahu kapan kita mengalami nasib buruk. Lebih baik berjaga-jaga dan menyiapkan segalanya. Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang sering melakukan backup data dari smartphone ke laptop. Sehingga jadi lebih banyak dokumen penting di laptopmu.

Cara Melacak Laptop Yang Dicuri

Karena pentingnya peran laptop, pasti akan sangat menjengkelkan jika laptop pribadimu dicuri. Untuk melindungi dan memfasilitasi upayamu dalam merebut kembali data dan laptop yang telah dicuri, ada banyak cara melacak laptop yang bisa digunakan. Salah satunya memakai aplikasi pelacak laptop berikut ini.

Baca juga Rekomendasi Laptop Gaming Terbaru ASUS ROG G703

Prey

Cara melacak laptop pertama yaitu menggunakan aplikasi Prey. Aplikasi pelacak laptop ini tersedia untuk Windows, Mac OS, Linux, dan beberapa sistem operasi komputer lainnya. Buat kamu yang menyimpan sebagian data penting di laptop, coba install aplikasi Prey. Dengan menginstal Prey app di laptop, kamu dapat menemukan dan melacak lokasi laptopmu jika dicuri lewat situs webnya. Kamu tidak hanya bisa melacak lokasi pemcurinya, Prey app juga memungkinkan kamu menggunakan webcam laptop sebagai media untuk mengambil foto pelaku. Wow, fitur yang disediakan memang sangat canggih. Sayangnya, versi gratis Prey hanya dapat digunakan untuk 3 perangkat saja selanjutnya harus berbayar.

Cara Melacak Laptop Yang Dicuri Dengan Aplikasi
Prey

LockItTight

Aplikasi pelacak laptop selanjutnya LockItTight. Sama seperti aplikasi Prey, aplikasi LockItTight juga bisa untuk melacak lokasi dan merekam aktivitas pencuri laptop menggunakan webcam laptop yang dicuri. Ditambah lagi, kamu bahkan bisa mengambil screenshot laptop yang dicuri. Ini memudahkan kamu untuk menemukan pencuri tersebut. Yang membedakan dengan Prey app, versi gratis dari aplikasi pelacak laptop yang hilang ini dapat digunakan pada 5 perangkat.

Cara Melacak Laptop Yang Dicuri Dengan Aplikasi
LockItTight

Find My Mac

Untuk aplikasi pelacak selanjutnya yaitu Find My Mac. Aplikasi ini khusus untuk pengguna MacBook. Kamu bisa menggunakan fitur Find My Mac jika sewaktu-waktu laptopmu hilang atau dicuri seseorang. Mac memang biasanya back up data ke iCloud. Dengan menggunakan iCloud inilah, kamu tidak hanya dapat melacak MacBook yang dicuri tetapi juga mengunci laptopmu. Maka dari itu pencuri tidak bisa mengotak-atik isi laptopmu dan semua data pentingmu dijamin aman.

Cara Melacak Laptop Yang Dicuri Dengan Aplikasi
Find My Mac

Undercover

Selain menggunakan aplikasi di atas, salah satu aplikasi pelacakan laptop populer untuk pengguna Mac adalah Undercover. Aplikasi Undercover bukan aplikasi gratis, tapi berbayar. Jadi kamu harus membayar untuk langganan. Meskipun bukan app gratis, Undercover sangat populer karena tidak hanya dapat melacak lokasi laptop, tetapi juga bisa mencatat setiap aktivitas yang dilakukan oleh pencuri. Aplikasi satu ini sangat recommended buat keamanan laptop pribadimu.

Cara Melacak Laptop Yang Dicuri Dengan Aplikasi
Undercover

LoJack for Laptop

Untuk aplikasi pelacak laptop terakhir yaitu LoJack for Laptop. LoJack merupakan layanan pelacakan laptop yang bisa jadi bahan pertimbanganmu. Setelah kamu install aplikasi ini, Sistem LoJack akan terkunci di BIOS. Sistem akan menyimpan semua file dan dokumen penting di laptop dengan aman jika pencuri ingin menghapus semua datanya. Jadi kamu tidak perlu khawatir dokumenmu akan hilang. LoJack tidak hanya menyimpan data tetapi juga memiliki tim penyelidik khusus untuk mengambil dan mengembalikan laptop yang dicuri.

Cara Melacak Laptop Yang Dicuri Dengan Aplikasi
LoJack for Laptop


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment