Beberapa Cara Unroot Android Perlu Kamu Tahu

Cara Unroot Android
Cara Unroot Android

Cara Unroot Android – Ada banyak cara unroot Android dengan cepat. Sebelum mengetahui cara unroot, ada baiknya kita pahami dulu bedanya root dan kebalikannya unroot. Root merupakan suatu cara dimana user memiliki hak penuh terhadap semua isi yang ada dalam sistem. Sehingga user bisa menghapus, menambah, dan mengedit file-file yang ada dalam sistem. Kebalikannya, Unroot adalah proses penghapusan atau pencabutan hak akses user dari perangkat Android atau mengembalikan ponsel ke kondisi awal dari pabrik. Untuk pengguna Android, root memang sangat menguntungkan tapi bagi sebagian orang, root juga merupakan hal yang rumit.

Beberapa Cara Unroot Android

Banyak keuntungan yang bisa kita peroleh ketika  sistem Android di-root. Keuntungannya yaitu mendapatkan lebih banyak hak akses dan kinerja yang lebih baik. Tidak dapat dipungkiri, root memang hal yang rumit karena akan membahayakan keamanan smartphone atau akan kehilangan garansi. Situasi ini pasti sangat berbahaya. Tapi jangan khawatir, dengan unroot maka kondisi handphonemu bisa kembali seperti awal. Berikut ini cara unroot Android yang perlu kamu tahu.

Unroot Android Menggunakan SuperSU

Cara yang pertama yaitu menggunakan SuperSU. SuperSU adalah aplikasi sistem untuk mengelola perangkat yang di-rooting. Ditambah lagi, ada banyak fitur yang disediakan termasuk untuk unroot Android. Cara menggunakannya juga mudah. Kamu hanya perlu buka SuperSU app kemudian pilih Pengaturan. Di menu pengaturan paling bawah ada pilihan Unroot. Klik saja dan tinggal ikuti prosedur. Setelah itu smartphone atau tabletmu akan merestart secara otomatis dan ponselmua akan kembali ke pengaturan awal pabrik.

Cara Unroot Android
Cara Unroot Android 1

Unroot Android Menggunakan File Manager

Cara unroot mudah yang kedua yaitu lewat file manager. Gunakan ES File Explorer dengan mengaktifkan akses root dalam pengaturan terlebih dulu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Akses Drive Utama di perangkatmu kemudian sistem pencarian. Setelah itu pilih Bin dan disana hapus busybox dan su. Jika kamu tidak menemukan pilihan itu, kamu bisa mencoba langkah selanjutnya
  • Kembali ke folder sistem dan pilih xbin. Jika file ada di sana, maka hapus busybox dan su
  • Setelah itu kembali ke folder sistem dan pilih aplikasi
  • Hapus superuser.apk
  • Terakhir, nyalakan ulang perangkatmu
Cara Unroot Android
Cara Unroot Android 2

Unroot Android Menggunakan Universal Unroot

Salah satu aplikasi yang popular untuk unroot  adalah Universal Unroot. Aplikasi ini memang bisa menghapus hak akses root, tapi tetap saja masih memiliki banyak kekurangan. Kekurangannya adalah tidak bisa digunakan di semua jenis perangkat. Universal Unroot tidak berfungsi pada perangkat Samsung karena kompilasi dengan KNOX. Selain itu, pada LG juga tidak bisa di unroot karena eFuse LG. eFuse LG ini adalah aplikasi berbayar.

Cara Unroot Android
Cara Unroot Android 3

Unroot Android Menggunakan Instal Stock Firmware

Cara ke-empat untuk unroot Android adalah menggunakan Instal Stock Firmware. Mengembalikan firmware asli perangkat adalah cara paling ampuh untuk membatalkan root karena firmware memiliki semua perangkat lunak yang diperlukan. Yang menjadi kekurangan, setiap smartphone memiliki cara berbeda untuk menginstal firmware. Jadi, kalau kamu mau unrot pakai cara ini, kamu harus tahu dulu tipe handphone yang kamu gunakan baru cari referensi caranya.

Cara Unroot Android
Cara Unroot Android 4

Unroot Android Menggunakan Instal Pembaruan OTA

Cara terakhir yang bisa kamu coba yaitu menggunakan Instal Pembaruan OTA. Jika kamu menginstal _update via_ OTA (Over the Air), maka akses root akan hilang dan kondisi smartphone kembali ke awal. Nah, kalau suatu saat kamu mau meng-root Android kamu lagi, kamu bisa melakukan root lagi. Kelemahannya adalah kamu harus menunggu waktu untuk pembaruan lagi.

Cara Unroot Android
Cara Unroot Android 5

Kesimpulan

Ada banyak cara unroot Android dengan cepat. Unroot adalah proses penghapusan atau pencabutan hak akses user perangkat Android dan mengembalikan ponsel ke kondisi awal dari pabriknya.

Cara unroot Android yang mudah seperti menggunakan SuperSU app, lewat File Manager, Universal Unroot, Instal Stock Firmware, dan Instal Pembaruan OTA.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment