Penemu Telepon Pertama Kali Yang Sebenarnya

Penemu Telepon Pertama Kali – Nama Alexander Graham Bell mungkin sangat terkenal sebagai penemu telepon pertama kali. Sejak sekolah dasar pun kita sudah diajari kalau penemu telepon pertama kali adalah Alexander Graham Bell. Banyak buku juga mencantumkan kalau dia penemu telepon yang sesungguhnya. Namun, dunia kemudian mengetahui yang sebenarnya kalau Alexander Graham Bell bukanlah orang pertama kali yang menemukan telepon. Faktanya, penemu telepon pertama kali adalah Antonio Meucci. Antonio Meucci merupakan seorang warga Italia.

Alexander Graham Bell lahir pada tahun 1847 di Edinburgh, Skotlandia. Sebenarnya minatnya terhadap produksi suara muncul secara alami. Ini karena ayahnya adalah seorang ahli dalam bidang fisiologi vokal, ahli meningkatkan kemampuan bicara, dan ahli mengajar orang tuli. Oleh karena itu, Alexander pun tertarik dalam bidang yang sama dengan ayahnya.

Alexander Graham Bell Penemu Telepon Pertama

Pada tahun 1871, Alexander pergi ke Boston. Dia kemudian melakukan eksperimen yang mengarah ke penemuan telepon pada tahun 1875. Setelah berhasil mengumpulkan bukti, dia mengajukan hak paten untuk mengkonfirmasi penemuannya pada bulan Februari 1876. Karena penemuan teleponnya, Alexander pun diberi penghargaan beberapa minggu kemudian. Tidak lama setelah dia menerima patennya, Alexander memamerkan teleponnya di pameran ulang tahun ke-100 Philadelphia.

Penemu Telepon Pertama Kali Yang Sebenarnya
Alexander Graham Bell

Di pameran itu, penemuannya menarik perhatian publik dan sangat dihargai. Bahkan, Western Union Telegraph Company menawarkan $ 100.000 untuk membeli penemuannya, namun Alexander menolak. Alexander Graham Bell dan temannya kemudian mendirikan perusahaan sendiri pada bulan Juli 1877. Perusahaan Alexander tersebut sekarang dikenal dengan nama American Telephone and Telegraph Company atau AT &T. Telepon penemuannya akhirnya berhasil meraih kesuksesan komersial secara besar-besaran. Oleh karena itu, Alexander dan istrinya kemudian memegang 15 persen saham di perusahaan pada Maret 1879.

Dalam kurun waktu 7 bulan saja, mereka telah menjual sebagian besar saham mereka dengan rata-rata $ 250 per saham. Tiba-tiba pada bulan November, harga saham melonjak drastis hingga $ 1000 per saham. Karena itulah mereka terburu-buru menjual sepertiga dari sisa saham yang mereka miliki pada tahun 1881. Walaupun sudah kaya, Alexander tetap melanjutkan melakukan eksperimen. Dia pun berhasil menemukan alat yang lebih berguna meskipun itu tidak sepenting telepon.

Minat Alexander memang beragam tapi tujuan utamanya adalah tetap membantu orang tuli. Istrinya sendiri sebenarnya adalah seorang gadis tuli yang dia latih sendiri. Setelah menikah, mereka dikaruniai 4 orang anak. Pada tahun 1882 Alexander pindah dan menjadi warga negara Amerika Serikat dan meninggal pada tahun 1922.

Antonio Meucci Penemu Telepon Yang Sebenarnya

Mungkin banyak orang yang tidak tahu kalau penemu telepon pertama kali sebenarnya adalah Antonio Meucci bukan Alexander. Pada tahun 2002 di kongres Amerika Serikat, mereka telah menetapkan kalau Antonio Meucci sebagai penemu telepon pertama. Penemu telepon kini bukan lagi Alexander Graham Bell yang banyak orang tahu. Sebenarnya, Alexander Graham Bell mencuri desain telepon yang dimiliki oleh Antonio Meucci. Kemudian dia mendaftarkan penemuan telepon itu secara paten. Maka dari itu, dunia tahunya kalau Alexander lah penemu telepon pertama kali.

Penemu Telepon Pertama Kali Yang Sebenarnya
Antonio Meucci

Seperti yang kita tahu kalau Alexander Graham Bell menemukan telepon pada tahun 1876. Sementara Antonio Meucci menemukan telepon pada tahun 1849. Hanya saja pada waktu itu  Antonio hidup dalam kemiskinan dan tidak mampu untuk membayar biaya hak paten untuk penemuannya. Sampai akhirnya Alexander Graham Bell mencuri desainnya dan membuat paten penemuan teleponnya. Paten tersebut bahkan atas nama Alexander sendiri bukannya Antonio. Karena hal inilah, Alexander dan Antonio bermusuhan. Pada bulan 11 Juni 2002, Antonio Meucci secara resmi diterima sebagai penemu telepon oleh kongres Amerika.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment