Sisi Gelap Menggunakan Bitcoin Uang Virtual

Kalian pasti tahu bitcoin kan guys. Yup, uang virtual ini lagi marak diperbincangkan karena harga jual yang tinggi dan bisa untuk investasi. Tapi kalian juga harus tahu nih sisi gelap menggunakan bitcoin uang virtual tersebut. Bitcoin merupakan transaksi mata uang global dalam bentuk uang virtual. Bitcoin juga terkenal akan sisi gelap dan kasus kriminalnya. Untuk informasi guys, bitcoin tidak diatur oleh pemerintah atau bank. Penggunanya dapat melakukan transaksi secara anonim. Bahkan Satoshi Nakamoto, nama pencipta bitcoin masih misterius sampai sekarang sejak bitcoin pertama kali dirilis pada tahun 2009.

Sisi Gelap Menggunakan Bitcoin

Bitcoin saat ini menjadi perhatian khusus karena kelebihannya tanpa ikatan dalam transaksi dan sistem kepemilikan. Konsep yang diterapkan bitcoin menawarkan kepemilikan penuh tanpa ikatan dengan pihak ketiga (pihak swasta dan pemerintah) sebagai daya tariknya. Sisi gelap meggunakan bitcoin antara lain berguna untuk para penjahat. Mereka bisa menyembunyikan uang kejahatan mereka dengan aman. Karena jika mereka menyimpan uang di bank, uang akan mudah ditelusuri. Bitcoin juga bisa disalahgunakan oleh orang yang ingin menyembunyikan pendapatan mereka dari pemerintah untuk menghindari pajak.

Sisi Gelap Menggunakan Bitcoin Uang Virtual
Sisi Gelap Menggunakan Bitcoin

Kelemahan atau sisi gelap menggunakan bitcoin yang lain itu bentuknya yang tidak nyata. Meski bentuknya tidak nyata, bukan berarti Bitcoin bebas dari pencurian. Salah satu contoh pencurian dialami oleh Sheep Marketplace. Sebuah situs perdagangan narkoba ilegal yang kehilangan 220 dolar dalam Bitcoin karena peretas sistem komputer. Ditambah lagi ketidakstabilan nilai mata uang Bitcoin jika dikonversi ke mata uang konvensional lainnya.

Business Insider juga mencatat beberapa peristiwa kecil yang menyebabkan kerugian besar bagi pemilik bitcoin. Contohnya seorang pria telah kehilangan 600 dolar AS karena melakukan reset pada ponselnya. Secara tidak sengaja dia menghapus permanen dompet digital Bitcoinnya. Contoh lainnya, seorang pria juga kehilangan 90.000 dolar AS ketika akan bertransaksi karena memilih tombol hapus tanpa sengaja. Saat ini sejumlah platform online juga sedang menguji pembayaran Bitcoin seperti WordPress, Reddit, Namecheap, Mega, dan Zynga.

Disisi lain beberapa negara bahkan melarang transaksi dengan Bitcoin. Pemerintah Cina misalnya melarang semua lembaga keuangan menerima transaksi bitcoin. Di Uni Eropa juga menganggap bitcoin lebih mudah dicuri. Dari segi investasi, bitcoin juga buruk karena mata uangnya ditentukan berdasarkan permintaan pasar dan memiliki tingkat fluktuasi yang tinggi.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment