Soundscape App Gunakan 3D Audio Untuk Tunanetra

Soundscape App – Perkembangan teknologi memang sangat pesat akhir-akhir ini. Banyak produk yang telah diciptakan untuk memudahkan kita beraktifitas termasuk perangkat dan alat yang dapat membantu orang buta. Salah satu teknologi yang sangat membantu para tunanetra adalah soundscape app. Soundscape app merupakan aplikasi buatan Microsoft.  Microsoft memang telah menciptakan teknologi baru bernama Soundscape App yang menggunakan teknologi 3D audio untuk memudahkan orang buta bernavigasi.

Soundscape App Gunakan 3D Audio Untuk Tunanetra
Soundscape App

Aplikasi soundscape khusus untuk iPhone. Keunggulannya, aplikasi ini bisa membantu orang buta untuk memahami apa yang sedang terjadi di sekitar mereka secara langsung lewat audio. Beberapa tahun yang lalu sebenarnya Microsoft telah menciptakan aplikasi soundscape. Nah, beberapa tahun terakhir ini, Microsoft kembali menjalankan proyek lama tersebut yang telah dimulai sejak tahun 2014 dulu. Proyek lanjutan baru yang berdasarkan proyek lama ini bertujuan untuk membuat aplikasi Soundscape menjadi lebih mudah bagi orang buta untuk bernavigasi di dalam kota. Dengan hadirnya teknologi 3D audio inilah yang akan memudahkan mereka menjelajah kota tanpa tersesat.

Soundscape App Gunakan 3D Audio

Proyek baru ini pada dasarnya memanfaatkan teknologi 3D audio. Teknologi baru ini untuk memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai keberadaan penggunanya dan keadaan sekitar. Orang berkebutuhan khusus ini, biasanya mengandalkan tongkat atau anjing pemandu saat bepergian. Untuk sekarang saat bepergian dengan anjing pemandu, para tunanetra dapat memanfaatkan petunjuk audio soundscape app dari headphone untuk mencari tahu posisi mereka sedang ada dimana. Soundscape app ini juga membuat penggunanya lebih mudah untuk menentukan arah selanjutnya.

Di proyek sebelumnya, soundscape app ini harus mengandalkan headphone khusus. Sehingga tidak semua headphone bisa digunakan dan  harus membeli yang sesuai. Karena kerja keras tim Microsoft Research inilah, sekarang para pengguna dapat memakai headphone atau earphone apapun selama stereo headphone. Hanya saja, aplikasi ini khusus tersedia di iPhone yang sejauh ini hanya tersedia di Inggris. Jadi, semua orang masih belum bisa merasakan kehebatan aplikasi soundscape ini.

Saat pengguna berjalan dengan mengaktifkan aplikasi ini, maka kombinasi headphone dan aplikasi Soundscape akan membacakan nama jalan atau bahkan nama toko disekitarmu. Fitur lain yang menarik di aplikasi ini yaitu Beacon. Fitur ini memudahkan pengguna mengatur titik tertentu di suatu lokasi. Contohnya kamu mau tahu lokasi gedung tinggi atau patung besar di dekat tujuanmu, maka aplikasi akan memandumu kesana dengan tepat.

Pihak Microsoft telah menegaskan kalau soundscape app tidak dimaksudkan untuk menggantikan alat bantu tunanetra lainnya seperti tongkat atau anjing pemandu, tetapi lebih untuk melengkapi. Tujuannya yaitu untuk mempermudah para tunanetra beraktifitas dan berkeliling di kota. Tujuan akhir yang sebenarnya ingin dicapai oleh Microsoft yaitu para tunanetra bisa lebih percaya diri untuk mengunjungi banyak lokasi baru dan tidak hanya mengunjungi satu tempat saja karena keterbatasan.


Ikuti update terbaru kami dengan email:

Leave a comment