Adat Istiadat di Indonesia Aneh

Negara Indonesia memang negara yang kaya akan budaya nih. Dari sekian banyaknya tradisi dari berbagai suku, ada 5 adat istiadat di Indonesia yang tergolong aneh dan wajib kamu ketahui guys.

Kita tahu bahwa tradisi merupakan kebiasaan yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan sebuah kelompok. Tradisi ini juga diwariskan dari generasi lama ke generasi baru sampai sekarang. Berikut ini adalah 4 adat istiadat di Indonesia yang paling aneh.

Adat Istiadat di Indonesia Paling Aneh

1. Ma’Nene dari Sulawesi

Tana Toraja cukup terkenal bahkan sampai ke mancanegara karena berbagai ritual aneh yang diadakan untuk menghormati orang yang dicintai. Ma’Nene merupakan salah satu tradisi paling aneh di Indonesia. Ma’Nene berlangsung pada bulan Agustus setiap tahunnya.

Tradisi ini dilakukan dengan menggali kuburan orang yang telah meninggal, kemudian dimandikan dan memakaikannya pakaian yang layak. Setelah itu, mayat tersebut untuk berjalan mengelilingi desa.

Adat Istiadat di Indonesia Aneh

2. Debus dari Banten

Seni bela diri yang berasal dari Islam sering disebut Debus di Indonesia. Tradisi bela diri yang aneh ini diperkenalkan di abad ke-16. Atraksi dari seni bela diri debus seperti mengiris lidah dengan gergaji, makan api, memasukan jarum ke pipi, dan hal berbahaya lainnya tanpa terluka. Mereka melakukan atraksi ini semata-mata hanya untuk menunjukkan iman dan keyakinan kepada Tuhan.

Adat Istiadat di Indonesia Aneh

3. Goyang Madura and Tongkat Madura

Pulau Madura merupakan  pulau kecil di Laut Timur Jawa. Di Madura ada tradisi aneh yang disebut Goyang Madura dan Tongkat Madura. Tradisi ini memang cukup diluar nalar dan hanya dilakukan ole wanita Madura. Mereka akan menempelkan tongkat Madura ke organ intim wanita. Tujuannya untuk mengencagkan organ intim yang telah kendur dan membuat wangi harum.

Goyang Madura and Tongkat Madura

4. Ikipalin dari Papua

Siapa yang tidak tahu tradisi ini? Ikipalin merupakan salah satu adat istiadat di Indonesia aneh dari Papua. Tradisi aneh ini dilakukan oleh suku Dani dari Wamena, Papua. Untuk mengekspresikan kesedihan mendalam atas kematian orang yang mereka cintai, suku Dani akan memotong jari-jari mereka daripada menangis.

Ikipalin dari Papua

5. Kebo-Keboan dari Banyuwangi

Tradisi unik selanjutnya Kebo-keboan dari banyuwangi, Jawa Timur. Banyuwangi menjadi tuan rumah dari semua ritual yang dilakukan oleh petani setempat. Untuk merayakan tradisi ini, mereka menggunakan kostum seperti kerbau dan berjalan sambil membajak sawah. Tradisi unik ini merupakan wujud rasa syukur kepada bumi dan kerbau untuk hasil panen yang baik.

Kebo-Keboan dari Banyuwangi