Film Kontroversial Di Dunia

Beberapa film atau movie yang sebenarnya tergolong begitu menarik dan unik, sayangnya sering dilarang tayang di beberapa negara. Sejumlah negara melarang menayangkan film yang dianggap kontroversial akibat mengandung unsur horror, darah, SARA, ataupun kesadisan yang sangat berlebihan.

Film kontroversial

7 Film Kontroversial Yang Dilarang Tayang

Berikut ini adalah 7 film kontroversial yang dicekal dibeberapa negara.

1. A Serbian Film

A Serbian Film bisa dibilang salah satu movie paling kontroversial sepanjang masa. Faktor-faktor larangan itu karena ada adegan pemerkosaan anak, incest, pembunuhan, dan sejenisnya. Plot ceritanya adalah tentang bintang porno yang mulai lanjut usia dan setuju berpartisipasi dalam satu movie terakhirnya untuk pesangon pensiunan. Hanya saja, dia ternyata dijebak untuk bermain movie yang bertema pedofilia.

A Serbian Film

2. Cannibal Holocaust

Cannibal Holocaust adalah film dengan pencekalan paling banyak diberbagai negara. Movie ini menampilkan beberapa adegan pembunuhan yang begitu mencekam, serta ada adegan seksual yang begitu intens. Kabarnya, sutradaranya sempat ditangkap polisi dan mendapatkan suatu tuntutan atas kasus pembunuhan. Hal ini dikarenakan penggambaran adegan pembunuhan terlihat begitu nyata bahkan tampak sangat nyata.

Cannibal Holocaust

3. Borat

Borat diluncurkan pada tahun 2016. Umumnya, para penonton tidak paham negara mana yang diceritakan dalam movie. Banyak orang yang mengira bahwa negara yang diceritakan hanyalah karangan cerita belaka. Namun nyatanya, negara dalam movie Borat benar-benar ada di dunia ini yaitu Kazakhstan.

Maka dari itu, seluruh penduduk warga negara Kazakhstan merasa tidak nyaman atas deskripsi negara mereka di dalam film yang menggambarkan negara yang udik. Pada akhirnya, Borat dilarang tayang di negara tersebut.

Borat

4. 2012

Movie 2012 menceritakan tentang sebuah bencana alam yang begitu besar yang ternyata tak semua orang dapat menerimanya. Kabarnya, movie ini dilarang tayang di negara Korea Utara sebab adanya suatu alasan yaitu “kepercayaan”. Pasalnya Kim Jong-Il, pemimpin Korea Utara, pernah meramal bahwa pada tahun 2012 Korea Utara akan mendapatkan suatu keberuntungan.

Maka dari itu, semua persoalan yang bertentangan dengan ramalan akan dibuang jauh-jauh. Bahkan juga sang pemimpin negara ini akan memenjarakan seseorang yang ketahuan membeli cd bajakannya.

2012

5. The Texas Chainsaw Massacre

Selama perilisannya di 1974, film ini telah dicekal oleh banyak negara dan beberapa bioskop berhenti menayangkannya. Hal ini karena banyaknya protes dari penonton. The Texas chainsaw massacre menampilkan serangkaian adegan pembunuhan yang sangat sadis. Sebenarnya, movie pembunuhan ini memang terinspirasi dari serial killer terkenal yaitu Ed Gein.

The Texas Chainsaw Massacre

6. The Evil Dead

Film yang dirilis pada tahun 1981 ini berkisah tentang 5 orang mahasiswa yang menghabiskan akhir pekan di sebuah pondok terpencil di tengah hutan. Namun terjadi banyak keanehan saat mereka menempati pondok tersebut. Mereka pun menyadari bahwa tempat tersebut pernah dipergunakan orang lain untuk melakukan sebuah ritual pemanggilan setan.

Peristiwa janggal dan aneh pun bermunculan hingga mereka tewas satu per satu. The Evil Dead dilarang di beberapa negara termasuk Finlandia, Jerman, Islandia, dan Irlandia. Pencekalannya terkait dengan terlalu banyaknya unsur kekerasan yang frontal.

The Evil Dead

7. SAW IV

SAW IV menyajikan berbagai macam adegan yang penuh darah. Mulai dari seri pertama hingga seri ketiga selalu menyajikan adegan berdarah. Maka dari itu, ketika SAW seri keempat berhasil dirilis, pemerintahan Thailand dan Ukraina langsung melarang tayangan film tersebut di kedua negara itu.

SAW IV

Kesimpulan

Walaupun film kontroversial ini terkenal dan sukses di dunia internasional, ternyata tidak semua negara mau menayangkannya. Beberapa film kontroversial ini dilarang tayang di negara-negara tersebut dengan alasan tertentu.