Pasar Unik dan Aneh

Pasar merupakan tempat orang-orang untuk membeli segala sesuatu yang dibutuhkan. Pada umumnya, tempat jual beli ini menjual berbagai macam kebutuhan yang kita perlukan, seperti pakaian, peralatan rumah tangga, makanan, hingga bumbu-bumbu dapur. Tetapi ada beberapa pasar unik yang berbeda dari lainnya di dunia.

Pasar Unik

Pasar Unik dan Aneh Di Dunia

Pasar bisa menjadi cerminan suatu budaya yang dianut oleh daerah itu sendiri. Bahkan di beberapa daerah, ada tempat jual beli yang unik dan aneh serta tak seperti kebanyakan tempat jual beli pada umumnya. Langsung saja, berikut ini adalah pasar unik dan aneh yang ada di berbagai belahan dunia.

1. Pasar Gipsi di Bulgaria

Pasar Gipsi bertempat di pinggiran Kota Stara Zagora, Bulgaria. Tempat ini ini merupakan tempat jual beli jodoh yang diadakan tiap Todorovden atau Hari Santo Todor yang jatuh pada pertengahan Maret. Jangan salah sangka, tempat jual beli jodoh ini bukanlah praktik prostitusi karena hal ini merupakan adat yang sudah dilakukan turun-temurun.

Di sini, gadis-gadis cantik akan berkumpul sambil menunggu para pria yang akan datang untuk mengajaknya menjadi pasangan hidup. Setiap pria bebas menentukan gadis mana yang akan dipilih dan diajak berkenalan. Para orang tua juga percaya bahwa putri mereka akan bahagia jika menemukan pasangan di tempat jual beli jodoh ini.

Pasar Gipsi

2. Pasar Laba-Laba di Kamboja

Sesuai namanya, tempat ini menjual laba-laba untuk dikonsumsi sebagai camilan. Sebagian orang mungkin akan merasakan jijik untuk mencicipi. Tapi kata orang-orang yang pernah mencobanya langsung, rasanya gurih dan sedap, mirip campuran daging ayam dan ikan. Di tempat ini, kamu bisa menemukan ribuan jenis laba-laba, mulai dari yang berukuran kecil hingga tarantula seukuran telapak tangan.

Pasar Laba-laba

3. Voodoo Fetish Market di Togo

Voodo fetish market merupakan pasar Voodoo terbesar di dunia. Beberapa contoh peralatan Voodoo yang dijual antara lain boneka Voodoo, tengkorak, jantung kuda, hingga kaki gajah. Rata-rata benda tersebut adalah bahan dasar obat atau ramuan tradisional.

Tabib di Togo meyakini bahwa ramuan tersebut terbukti ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tempat ini juga sering dijadikan “apotek” bagi masyarakat yang tak memiliki harta untuk berobat ke tabib.

Voodoo Fetish Market

4. Mercado De Sonora di Meksiko

Mercado de Sonora didirikan di kota Avenida Fray Servando Teresa, Meksiko. Tempat jual beli ini juga menjual barang untuk ritual mistis. Boneka voodoo, patung iblis, lilin ritual, sampai ramuan-ramuan misterius tersedia di sini. Banyak penyihir atau dukun dari seluruh dunia datang untuk berbelanja. Pelanggan bahkan bisa meminta hal-hal tak lazim, seperti jimat hingga pelet untuk menarik jodoh.

Mercado de Sonora

5. Pasar Beriman Tomohon di Manado

Pasar Tomohon terletak di negara Indonesia tepatnya di kota Manado. Di tempat ini kalian bisa menemukan banyak daging-daging dari berbagai hewan yang tak biasa seperti daging kelelawar, anjing, kera, ular dan lainnya. Memang terdengar ekstrim, tetapi masyarakat manado memang mengkonsumsi daging-daging dari hewan tersebut.

Pasar Beriman Tomohon

Kesimpulan

Dari beberapa pasar unik tersebut, diantaranya ada tempat yang kental akan nuansa mistis, klenik, adat, makanan ektrem. Sehingga tidak biasa dan berbeda dengan pasar kebanyakan pada umumnya.